Tips MC Panggung Part. II

Sunday, May 25, 2014

Lanjutan dari blog saya sebelumnya. Ah...senangnya hari ini saya bisa langsung nulis 2 blog. Boleh tepuk tangan yang gemuruh buat saya. Terima kasih.. Terima kasih.. 

Sekarang kita maju lagi ke persiapan pada hari-H, ketika seorang MC itu berada di backstage atau di belakang panggung:

1. Yang utama dan terutama adalah ON-TIME 
Kalau bisa datang lebih pagi dari jam yang diminta. Jadi kita bisa melakukan persiapan dengan baik, mengenali tempat, lingkungan sekitar stage, stage, audience supaya terjalin chemistry yang baik (ehemm..tadi jantung hati, sekarang chemistry ujung-ujungnya tetep cinta..)

2. Check-mic 
Salaman dulu sama soundmannya, terus kenalan deh, asal jangan ditambahin lirikan-lirikan atau kedipan-kedipan mata ya :p
Soundman ini merupakan orang yang turut andil dalam bagus atau tidaknya suara yang kita hasilkan. Pernah suatu waktu saya lupa check mic & yang terjadi adalah saya mengagetkan seluruh ruangan dengan suara saya yang super keras

3. Latihan pernafasan 
Ini selalu saya lakukan sebelum saya manggung supaya nantinya suara saya berpower, ga kehabisan nafas atau meminimalisir terjadinya "slip of tongue". Jangan kaget kalau misalnya kalian ke backstage dan lihat saya lagi monyong-monyongin bibir sambil ngomong A I U E O atau lagi nyanyi-nyanyi ga jelas. Itu salah 1 latihan pernafasan

4. Tidak emosional
Walaupun abis argument sama bonyok atau diputusin pacar secara sepihak, inget semua itu harus ditinggal sementara dulu selama ngemsi. You have to be profesional! Saya pernah nangis di backstage, tapi begitu di atas panggung saya lupain sejenak. Eh begitu jeda, balik lagi ke backstage, saya lanjutin lagi nangisnya ahahahaha.. (ini jangan dicontoh, waktu itu air mata saya keluar sendiri dan ga bisa ditahan lagi). Tapi kejadian ini cukup sekali seumur hidup saya karena saya tidak mau merusak suasana hati saya ketika saya bekerja

5. Pandai beradaptasi (dengan pengisi acara lain, client, EO, soundman dan juga partner MC)

6. Baca rundown berulang-ulang 
Apalagi jika menyangkut nama, gelar dan jabatan seseorang, nama product (dalam Bahasa Inggris). Kalau saya membaca rundown berulang-ulang sudah dilakukan pada malam hari sebelumnya sambil membayangkan ketika saya sudah berada di atas panggung membawakan acara tersebut.

Taraaaa...dan sekarang waktunya menggebrak panggung alias ON STAGE... Apa sajakah yang harus diperhatikan?

1. Eye Contact 
Ga perlu terus-terusan ngomong "Tatap Mata Saya" dengan kedua tangan kayak mau nyolok mata, tapi yang dimaksud di sini adalah dengan memandang audience secara bergantian dan berikan senyuman dengan tulus
Lihatlah eye contact kami berdua menatap audience

2. Body Language
Body language merupakan komunikasi non-verbal, termasuk postur tubuh, gerak tubuh, ekspresi wajah dan juga gerakan mata. Jadi dalam hal ini "Tubuhmu Berbicara." Cara melatih body language ini sering-seringlah ngaca. Kalau perlu beli cermin yang paling gede supaya bisa latihan tiap hari di rumah.


3. Walking The Talk
Kalau ga ngerti, silahkan tanyakan langsung ke Mbak Google artinya apa :p

4. Wawasan yang luas

5. Penampilan
Perhatikan from head to toe! Ini penting, karena penampilan juga menunjang kePDan kita saat di atas panggung



Foto penampilan saya, mulai dari hair do, make-up, dresscode (menyesuaikan thema acara)



Foto yang ini sepatunya keliatan tapi sedikit kurang jelas, tapi begitulah kira-kira. Penampilan yang serasi dari atas kepala sampai dengan kaki :)


6. Pertahankan waktu

7. Suara dan cara beradaptasi 

Ini akan saya bahas secara tuntas dan padat di waktu mendatang. Biar lebih penasaran

8. Cepat tanggap jika ada kejadian-kejadian tak terduga di atas panggung ataupun luar run down acara

9. Kreatif dan penuh inisiatif 

Misalnya dalam pembuatan bikin games harus seru dan menarik perhatian audience

10. Kaya improvisasi
Sense of humor juga perlu dalam hal ini


Last but not least:

1. Attitude itu penting

2. Evaluasi Diri
Mau terima masukan & kritikan. Nobody's perfect!

3. Practice Makes Perfect
Latihan, latihan dan terus latihan. Sampai sekarang saya masih suka datang ke acara-acara, memperhatikan bagaimana seorang MC profesional membawakan acara & menguasai panggung. Latihan ini akan terus menjadi pelajaran yang tidak pernah berakhir

4. Be yourself
Temukan ciri khas dan keunikanmu sendiri, itu yang akan membuatmu berbeda dan diingat orang lain

Baiklah sepertinya cukup untuk tulisan saya hari ini, kepala saya mulai berasap dan perut saya mulai berdemo. Waktunya makan malam :)

1 comment:

  1. thanks kak sudah menulis ini.. very helpfull buat pemula macam saya, btw kak ga ada video kaka lagi MC? pengen nonton..heheh

    salam kenal kak

    ReplyDelete