All You Can Eat = You Can Eat All

Thursday, June 5, 2014

Perjalanan selama hampir 3 bulan di Denmark, tentunya banyak sekali pengalaman lucu, menyenangkan dan tidak terlupakan selama berada di sana. Saya akan bercerita lebih lagi mengenai negara yang mendapat julukan "A Peaceful Country" ini dan tempat-tempat wisata di blog saya ke berikutnya.

Kali ini saya mau bercerita mengenai Restoran All You Call Eat yang ada di salah 1 mall yang cukup besar di sana. Nama mallnya adalah Fiskertorvet Copenhagen. Beginilah kira-kira tampak depan mall tersebut:




Gara-gara foto-foto di bawah ini, saya sempat didatangi security di sana dan saya tidak boleh mengambil gambar dalam mall (mana saya tahu lol..)




Untuk "fakir wi-fi" seperti saya, this is my favourite spot :)
Berhubung Denmark termasuk negara yang memiliki pendapatan tertinggi dunia, maka biaya hidup di sana berbanding lurus dengan pendapatannya. Contohnya saja jika saya memilih untuk makan di restaurant. Dalam sekali makan saya bisa mengeluarkan biaya sekitar 100 Kr (makan plus minum). Kalau dihitung dalam kurs rupiah menjadi Rp. 218.018,63. Biasanya biaya makan sekitar 75 Kr dan minum sekitar 12 Kr untuk mineral water atau 25 Kr untuk soda. Coba bandingkan dengan Indonesia, 100 Kr di sini bisa untuk makan 1 keluarga. 

Ada lagi yang bikin lebih miris. Di Indonesia harga 1 Indomie gak lebih dari 1 Kr alias di bawah Rp. 2180,18. Di sana harga 3 buah Indomie sebesar 100 Kr alias RP. 218.018,63. Jadi 1 Indomie dihargai Rp. 72.672,88. Mau nangis liat harganya dan bikin gak ketelen-telen pas makannya.

Nah kadang untuk berhemat, taktik saya adalah langsung menggabungkan makan siang plus makan malam. Itupun saya mengambil waktu sore hari, supaya gak lapar-lapar lagi malamnya. Pilihan yang paling tepat adalah memilih restoran All You Can Eat karena harganya sama saja dengan restoran biasa. Walaupun ada juga restoran All You Can Eat yang harganya di atas 100 Kr, tapi pintar-pintarnya kita untuk memilih. Kala itu saya mendapatkan rekomendasi untuk mencoba restoran All You Can Eat yang katanya berada di depan restoran Thailand dalam Fiskertorvet Mall. 


Perut sengaja saya kosongkan sedari pagi dengan alasan diet dan pengen makan banyak (gak mau rugi). Saya masuk mall dengan air liur di bibir dan mata berbinar-binar sambil membayangkan berbagai macam makanan yang tersuguh rapi di meja dan beraneka ragam. 


Tanpa banyak berpikir namun dengan langkah pasti, saya langsung mengambil tempat di The President Restaurant yang posisinya pas di depan restoran Thailand. Restoran ini bergaya American Restaurant dengan banyaknya foto-foto presiden Amerika dari masa ke masa. 


Waktu itu ada plang besar bertuliskan Tilbud 79 Kr (=Bahasa Dansk). Dalam Bahasa Indonesia artinya Penawaran 79 Kr). Saya pikir pas banget ini dengan harga yang disebutkan tadi. Saya bisa pesan makanan paling mahalpun dengan harga yang sama, yaitu 79 Kr dan all you can eat. Asikkknnyaaa..... Tanpa ba bi bu lagi saya mengangkat tangan, memanggil waitres dan saya langsung memilih makanan paling mahal dengan pemikiran bahwa bayarnya akan tetap 79 Kr. 

Makanan pesanan sayapun hadir:




Setelah menyantap 1 masakan ini, perut ini masih terasa lapar (ya iyalah gak makan dari pagi). Hmmmm..harus pesen 1 masakan lagi supaya saya bisa kuat bertahan sampai malam (antara irit dan pelit ya ceritanya :p). Saya panggil lagi waitressnya tanya dan memastikan bahwa ini beneran restaurant All You Can Eat atau bukan.


Me: This is All You Can Eat Restaurant, right?

Him: Yes, it is.

Me: Oke, I wanna order more (*dalam hati mumpung All You Can Eat, jadi puas-puasin deh ya)

Him: *give the menu

Inilah penampakan makanan yang kedua yang saya pesan, hot wings:



Saya sungguh menikmati setiap gigitan makanan yang ada di depan saya. Setelah cukup puas dan sayapun kekenyangan. Saya kembali mengangkat tangan dan meminta billnya. When the bill came, I'm just shock coz I thought The President Restaurant is All You Can Eat Restaurant but it's not. Maybe the waitress thought All You Can Eat means You Call Eat All (*as long as I pay the bill). Yeah..he is not wrong too, but I came to the wrong restaurant...


Hari itu saya harus mengeluarkan 196 Kr = Rp. 436.037,26 (makanan buat 2 orang). Harusnya sih saya sudah mulai curiga dari awal masuk restaurant, karena tidak ada makanan berjejer-jejer dan orang bolak balik ke meja makan layaknya orang makan prasmanan. Mungkin kala itu otak sudah tidak bisa berpikir jernih saking laparnya.

Setelah harus bernafas panjang dengan sedikit penyesalan, kemudian saya turun 1 lantai menggunakan eskalator. Mata saya langsung terbelalak dengan adanya tulisan Panorama Restaurant, All You Can Eat dan harganya 79 Kr. Ya..ya..antara President dan Panorama memang tidak beda jauh, sama-sama berawalan huruf P. 


Mau untung malah buntung..

No comments:

Post a Comment