Modis? Siapa takut? :)

Saturday, June 14, 2014

Berawal dari curhatan seorang teman yang bercerita mengenai istrinya yang suka "salah" pilih model baju, suka ngikutin trend model baju terbaru tapi sebenernya ga "cocok" buat dia. 

Terus terang dia bingung dan gak tau salahnya dimana tapi menurutnya memang ada salah. At the end, teman saya berulang kali ngasih masukan ke sang istri tercinta tapi yang bersangkutan teteup kekeuh sumekeh. Sampai-sampai teman saya tadi berjanji bakal ngirimin foto istrinya kalau pas lagi saltum dan minta masukan dari saya. 

Hmmmm...saya bukanlah fashion blogger ataupun designer, tapi kali ini saya akan coba kasih beberapa tips untuk manteman yang bingung seperti teman saya tadi. Silahkan pegangan tiang atau pintu kalau kalian masih bingung juga :p 


HEREEEE WEEEEE GOOOO:

1. Berdandanlah sesuai dengan bentuk tubuh
Kenali betul kelebihan dan kekuranganmu. Prinsipnya adalah menonjolkan kelebihan dan menyamarkan kekurangan. It's easy, right? Selain itu, perhatikan warna, pola, model dan juga bahan pakaian

Kebetulan saya dianugerahi tubuh yang besar di bagian atas dan kecil di bagian bawah. Jadi saya memilih baju yang gak nyekek leher dan berbentuk V dengan short or long sleeve (*hindari tangan buntung). Terus sebisa mungkin saya menghindari baju dengan motif yang rame, motif horizontal, motif yang terlalu kecil ataupun terlalu besar. Saya juga menjauhi baju yang terlalu ketat seperti bahan strech. Berhubung saya memiliki betis yang kecil, biasanya saya menonjolkan kaki saya dengan menggunakan rok di atas lutut. Tambahin heels supaya terlihat lebih tinggi dan jenjang.




2. Rapi dan menarik
Definisi rapi di sini bukan kemana-mana pakai blazer, celana panjang atau rok bahan. Intinya jangan keluar rumah kayak orang baru bangun tidur atau muka bantal! Rambut awut-awutan, muka polos sepolosnya gak pakai make-up. Make-up di sini juga gak perlu yang terlalu menor kayak mau ngelenong, paling gak poles wajah lo dengan make-up tipis yang bikin muka cerah. Jadi enak dipandang :)

Mami saya adalah orang yang sangat memperhatikan penampilan. Ketika keluar rumah, mami saya amat sangat rapi. Bayangin pergi ke pasar saja, mami tetap dengan ciri khasnya rambut disasak ke atas. Saya sih gak gitu-gitu amat yak kalau ke pasar dan semoga nyokap gak baca blog saya. Begitu pula ketika ada tamu berkunjung ke rumah pagi-pagi atau malam-malam. Ketika ada tamu berkunjung pas mami saya baru bangun, pasti diminta untuk menunggu sampai mami saya rapi dan jika ada tamu yang datang malam ketika mami sudah melepas make-up pasti si mami ngomong gini ke saya "Pssttt..bilang aja mami sudah tidur." (my mom's secret lols). 

                          You can see my mom with her "sasak" hair



3. Being a smart shopper
Honestly, I'm not a shopaholic woman. Belanja baju, sepatu, aksesoris baru sih belanja, tapi saya bukanlah wanita yang gila belanja. Yang namanya cewek kadang suka kalap kalau lagi ada tulisan SALE (*dicatat bukan pisang sale). Belinya udah gak liat harga, semua diambil, seakan gak ada hari esok. Eh, begitu pulang ternyata ada yang cacat. Nyesel kan?

Kalaupun saya jalan-jalan ke luar saya lebih memilih menikmati pemandangan yang ada dibandingkan belanja. Belanja cukup 1 hari, sisanya jalan-jalan. Makanya saya paling senang kalau ke luar negeri bareng teman-teman cowok saya karena mereka gak terlalu hobi belanja sama kayak saya. 

4. Mix and match
If some of my friends said that I'm good in appearance. You wanna know the secret? Because I know how to mix and match. It's not takes high cost, but you can learn how to make it fix in your body. 

Coba deh bongkar lemari baju sampai ke dalam-dalamnya. Kadang masih banyak baju yang sudah dibeli tapi belum kepakai. Terus kalau bingung cocok atau gak mix and matchnya coba dulu depan kaca. Kalau gak PD, bisa tanya pendapat dari orang sekitar rumah atau teman-teman sekitar. 


                  Contoh mix and match: baju yang sama dalam 3 versi yang berbeda 


5. Up to date 
Buka majalah fashion atau cari tahu lewat online, model baju apa yang sekarang lagi HITS. Yang pasti jangan jadi korban mode. Kalau model yang lagi berkembang sekarang gak cocok buat kita, jangan maksain diri.

6. Add accessories to make your appearance looks different
For example, you can put hat, bracelet, ring, necklace, earings or belt.


Buat saya harusnya tidak boleh mengenakan motif horizontal seperti foto di bawah ini, tapi kadang namanya manusia pengen nyobain juga sekali-sekali. Yang mau saya highlight di sini adalah topinya. Penampilan saya jadi terlihat sedikit beda toh?


                               Me and my favourite shocking pink belt

Orange necklale made my face more brighter

7. Dare to be different
Have your own style. Inovasi baru yang sesuai dengan ciri khasmu :)



Setelah semuanya lengkap, perlu ditambah 1 lagi yang gak boleh ketinggalan yaitu percaya diri. Piawai memadupadankan pakaian dan percaya diri adalah resep utama untuk tampil modis. 


Selamat mencoba dan bereksperimen!


No comments:

Post a Comment