CONFIDENCE is A MUST

Sunday, August 31, 2014

Setuju gak sih kalau kita senang bisa ketemu orang yang punya rasa percaya diri yang tinggi? Diajak ngomong bisa natap muka, memperhatikan dengan seksama sambil merespon apa yang kita bicarakan. 

Coba kalau misalnya kita ketemu lawan bicara yang ketika diajak ngobrol suka celingak celinguk ke kanan ke kiri atau pandangan mata fokus ke bawah, dengan harapan bakal nemu dollar jatuh. Atau ketika diajak ngobrol tapi ekspresinya kosong lihat langit-langit kayak lagi nunggu cicak keluar. Ciri-ciri akut lainnya biasanya kaki gak bisa diam, badan gerak-gerak terus, tangan dimasukin kantong gak keluar-keluar, pen diputar-putar sampai akhirnya pluk, jatuh.

Pasti masih keinget dalam bayangan kita, tiap kali kerja kelompok pas jaman dulu SMU atau kuliah, kita paling suka main tunjuk-tunjukan siapa yang bakal jadi spoke person dalam kelompok. Saya dulu lebih memilih jadi pemeriah, ngumpet di belakang sambil ketawa-ketawa kalau ada hal yang lucu.

Orang yang percaya diri bisa dilihat dari cara mereka berjalan, cara memasuki suatu ruangan, cara bersalaman, sikap berdiri, eye contact, body language yang seirama, senyuman, cara berbicara dan hal-hal lainnya. Tanpa disadari orang yang percaya diri mendapatkan tempat yang lebih di hati manusia lainnya #eaaaaa..


Kunci utama untuk percaya diri:

1. Mencintai diri. Ini menjadi harga mati buat kita untuk menjadi percaya diri. 



2. Menyadari bahwa kita ciptaan Tuhan yang istimewa, unik dan tidak ada yang sama. Terlepas dari segala kekurangan, percayalah bahwa cuma ada 1 manusia di muka bumi ini yang modelnya kayak kita. Walaupun kita kacrut, acak adut, ketawanya cewawakan sampai suka susah nutup mulut, makannya banyak, atau apapun, ingatlah we are so unique. Silahkan coba kelilingi bumi buat nemuin manusia yang modelnya kayak kita. Dijamin gak ada! :)


Ketika kita percaya diri, maka kita "terlihat" cantik dan orang-orang sekitar kita bisa ikut merasakannya. Be confident in who you are and you'll be beautiful..



3. Memiliki semangat untuk terus maju dan selalu berpikir positif. Sama seperti ketika kita kecil kita belajar untuk merangkak, jalan, ngomong. Begitu pula ketika kita mau menjadi percaya diri, kita bisa belajar. Intinya adalah sering latihan dimanapun dan kapanpun! Kalau gak berani ngomong depan umum, sering-seringlah ngajuin diri buat jadi orang yang melakukan presentasi dalam kelompok. Kalau merasa asing dan malu atau takut dengan lingkungan baru, sering-seringlah memberanikan diri untuk membuka pembicaraan dengan orang baru di tempat yang baru juga. Speak more often.

4. Buang hal-hal atau jauhi orang-orang yang bisa membuat kamu down dan tidak mau melihat kamu maju. Cari perkumpulan/ komunitas yang bisa mendukung kamu menjadi lebih baik.



Confidence is A Must!!

No comments:

Post a Comment