Public Speaking

Sunday, December 21, 2014

Tanggal 19-20 kemarin saya mengikuti Pelatihan MC dan Keprotokolan yang diadakan oleh Communicasting Academy di Aryaduta Suites Hotel Semanggi. Saya dipercayakan menjadi MC untuk acara tersebut. Ketika saya selesai membuka acara, saya ikut nimbrung bersama peserta lain sambil mendengarkan fasilitator memberikan materi. Lumayan, nambah ilmu lagi :)

Materi pertama yang disampaikan dalam workshop ini adalah mengenai Public Speaking yang dibawakan oleh Mas Donny de Keizer selaku Owner dari Communicasting Academy dan praktisi yang sudah malang melintang di dunia broadcasting selama hampir 20 tahun. 

Mas Donny membuka sesi dengan mengatakan bahwa setiap profesi membutuhkan Communication Skills. Tukang parkir sekalipun membutuhkan kemampuan berkomunikasi. Kita bisa melihat hasil antara tukang parkir yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan tidak, yaitu terlihat nyata di kantongnya :p Communication skills itu dibangun dengan kepercayaan. Orang harus tahu terlebih dahulu mengenai siapa kita sehingga dapat mempercayai kita. 

Hal penting lainnya dalam ilmu komunikasi adalah jangan pernah menyepelekan anda bertemu dengan siapa. Siapa tahu di masa mendatang mereka akan menjadi rekan kerja anda, sahabat, boss anda atau bahkan calon mertua anda :p Tempatkan siapa diri anda dengan baik dan kita harus mengetahui bagaimana cara menghargai diri kita sendiri dan juga orang lain.



11 Aturan Dasar dalam Public Speaking: 


1. Knowing The Material 

Product Knowledge is very important


2. Smile

Senyum itu mengundang energi positif untuk diri anda sendiri dan orang lain di sekitar anda

                                 

3. Enthusiast

Menjadi pribadi yang antusias adalah hal yang tak kalah penting. Ketika anda berbicara dengan "teman" bicara, anda harus antusias terlebih dahulu, baru anda bisa mengharapkan feedback yang sama

                                

4. Listen

Belajar mendengarkan dengan seluruh jiwa raga dan dalam mendengar membutuhkan eye contact juga gesture. Biasanya, ketika mendengar fokuslah pada bagian mata selama 3-5 detik, kemudian anda bisa mengalihkan ke bagian wajah lainnya, lalu kembali lagi ke mata. Mengapa Tuhan memberikan kita 2 telinga dan 1 mulut? Itu menandakan bahwa kita harus lebih banyak mendengar daripada berbicara.

                                         


5. Say "My" Name

Ketika kita berbicara, ada baiknya kita menyebut nama "teman" bicara kita berkali-kali sehingga dia akan merasa lebih dihargai karena kita mengingat namanya


6. Gesture

Hindari melakukan gerakan tubuh yang negatif dan bisa menimbulkan sikap 
tidak respect


7. The Importance of Eye Contact

Tatap mata "teman" bicara kita


8. Tell Me More

Tunjukan rasa ingin tahu dengan tulus


9. The Power of Words

Pilihlah kata-kata yang positif! Hindari kata-kata jangan/ tidak! Kita bisa melihat perbedaan yang signikan dengan contoh gambar di bawah ini. Kata-katanya yang pertama mengatakan: I'm blind, please help. Kata-kata yang kedua: It's a beautiful day and I can't see it. Menurut anda, manakah kata-kata yang lebih manis? *silakan dijawab sendiri :D

Change your words, change your world!
 
                                 


10. Say Thank You

Rangkuman dari aturan dasar yang di atas adalah, say Thank You. Yang perlu diperhatikan dalam mengucapkan Terima Kasih, adalah Five S: with SMILE, SPEAK clearly, SPEAK enthusiast, SHOW your respect, Say thanx
                    
                                     


11. Love

Terakhir, lakukan segala sesuatu dengan cinta, karena cinta bisa merubah segalanya. Ketika anda melakukan segala sesuatu dengan cinta, maka anda akan mendapatkan lebih dari ekspektasi anda (beyond your expectation). 


Milikilah selalu sikap rendah hati, karena karakter tidak bisa dibeli. Have a great day...




No comments:

Post a Comment